Proses Morfologis - Afiksasi

Afiksasi adalah proses pembubuhan afiks pada sebuah dasar atau bentuk dasar yang melibatkan unsur-unsur dasar atau bentuk dasar, afiks, makna gramatikal yang dihasilkan.
Afiks adalah sebuah bentuk berupa morfem terikat yang diimbuhkan pada sebuah dasar dalam proses pembentukan kata. Afiks dibagi menjadi dua :
  1. Afiks inflektif adalah afiks yang digunakan dalam pembentukan kata-kata aflektif atau paradigma infleksional.
  2. Afiks derivatif adalah kata yang identitas leksikalnya tidak sama dengan bentuk dasarnya.
· Prefiks adalah afiks yang diimbuhkan di muka bentuk dasar. Contoh me- pada kata menghibur. Prefiks juga dapat muncul dengan sufiks / afiks lain. Contoh prefiks ber- bersama sufiks ­-kan pada kata berdasarkan.
· Infiks adalah afiks yang diimbuhkan di tengah bentuk dasar. Contoh infiks ­-el­­- pada kata telunjuk, -er- pada kata seruling.
· Sufiks adalah afiks yang diimbuhkan pada posisi akhir bentuk dasar. Contoh sufiks –an pada kata bagian, -kan pada kata bagikan.
· Konfiks adalah afiks yang berupa morfem terbagi yang bagian pertama berposisi pada awal bentuk dasar, dan bagian yang kedua berposisi pada akhir bentuk dasar. Contoh konfiks per-/-an pada kata pertemuan, konfiks ke-/-an pada kata keterangan.
· Interfiks adalah sejenis infiks atau elemen penyambung yang muncul dalam proses penggabungan dua buah unsur.
· Transfiks adalah afiks yang berwujud vokal-vokal yang diimbuhkan pada keseluruhan dasar.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Breath, Think, Evil, Angel, Survive, Here !

..

Followers

Contact Form






Back
to top