Belajar TOEFL - Listening 1

Kali ini aku mau share materi TOEFL yang baru aja didapet dari kursus TOEFL gratis liburan kemaren. Mohon dimaklumin kalau kadang masih suka "sotoy" tentang materi TOEFL nya yaa, tolong dibenerin juga kalau salah hehe, mari belajar bareng-bareng. FYI, buku yang dijadikan pedoman adalah "The Complete Guide to the TOEFL Test" dari Bruce Rogers. Kalian bisa menyimak dari buku tersebut ya, gaes. Tapiiii, untuk saat ini aku masih lompat-lompat ya ngebahasnya. Karena banyak materi yang juga belum aku pelajarin. Okay, Let's get started :D

Oiya sebelumnya aku mau ngejelasin apa itu listening section dan ada berapa part di listening section. Listening section menguji seberapa kemampuan kamu dalam memahami perbincangan/percakapan/monolog dalam bahasa Inggris. Listening section ini selalu berada di awal tes TOEFL. Di buku "The Complete Duide to the Toefl Test" disebutkan bahwa listening section ini sebenarnya menguji kemampuan kamu tidak hanya dalam mendengarkan saja, tapi juga membaca, karena kamu harus benar-benar memahami materi yang ada pada recorder dan juga opsi jawaban pada answer sheet.

Format Listening Section:
Part A: Dialogs                                                                   30 items
Part B: Extended Conversation                                           2 conversations, 7-8 items
Part C: Mini Talks                                                              3 talks, 12-13 items



LISTENING SECTION: LESSON  2 "Dialogs With Sound Confusion"
Beberapa bagian dari "Part A" mengandung kata-kata yang bersuara hampir sama (ingat, hampir saja, tidak benar-benar sama) Jadi, nanti dalam opsi jawaban akan terdapat kata yang suaranya hampir mirip dengan yang ada di recorder. Bisa dipastikan, opsi jawaban tersebut salah. Contohnya: dalam recorder kita dengar kata "peel". lalu tengok pada opsi jawaban A disebutkan kata "feel". Besar kemungkinan bahwa opsi jawaban A adalah salah.

Contoh dalam listening section:
 M(male)1   = "I've never had this type of fruit before, I don't even know what to do with it."
 F(female)1  = "You just have to peel it and eat it"
 M(male)2   =  "What does the woman mean?"
 Kamu akan dihadapkan pada opsi jawaban sebagai berikut:
  A. She doesn't feel like eating fruit
  B. The man should be take a pill before eating
  C. The fruit shouldn't be eaten until it's been peeled
  D. She isn't familiar with this type of fruit either

Pilihan jawaban A dan B salah karena memiliki karta yang bersuara hampir mirip tetapi bukan itu yang dimaksud. Pilihan jawaban D benar, namun kurang spesifik. Maka jawaban yang benar adalah C.













CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Breath, Think, Evil, Angel, Survive, Here !

..

Followers

Contact Form






Back
to top