Belajar TOEFL - Listening 2

Listening Section Lesson 4
"DIALOG WITH IDIOMATIC EXPRESSION" = Percakapan yang mengandung idiom/ungkapan. 

Idiom itu apa sih? Seperti yang dikutip dari https://www.wordsmile.com/contoh-kalimat-idiom-bahasa-inggris-artinya Idiom adalah kelompok kata yang dirangkai dengan susunan tertentu dimana artinya tidak dapat ditebak dari arti kata-kata penyusunnya secara terpisah. Idiom bahasa Inggris sering muncul pada bagian Listening pada tes TOEFL. Cara untuk dapat memahaminya adalah dengan mengenal dan menghapalkannya.
Idiom dalam bahasa Indonesia contohnya itu kaya "tangan panjang". 

Naah, dalam listening section ini kita harus dapat dengan jeli mengenali idiom. Idiom itu tidak dapat diartikan secara leterlek. Idiom mengandung dua atau tiga kata, seperti "call of" atau "look out for". Idiomatic expression biasanya bisa muncul pada hampir setengah dari bagian listening section. Biasanyaaa, (biasanya aja, belum pasti) idiom itu muncul pada the second speaker. Jadi fokus pada the second speaker, walaupun bukan berarti mengabaikan the first speaker. 


Contoh soal listening yang mengandung idiomatic expression:
  F1: I wonder where Mike is
  M1: He'll show up as soon as the work is done
  M2: What does the man say about Mike?
Pilihan jawaban:
  A. He probably won't arrive until the work is finished
  B. He went to a show instead of going to work
  C. He can show them how to do the work
  D. He'll probably work late today

Diatas tertera bahwa "show up" adalah merupakan sebuah idiom. Show up disini berarti kedatangan atau kehadiran. Pilihan jawaban B dan C mengandung kata "show" tetapi tidak sesuai dengan idiom yang ada dalam soal. 
       Tips untuk bisa mengerjakan soal listening section yang mengandung idiomatic expression adalah dengan kita menambah pengetahuan/ menghafal macam-macam idiom baru. Temen-temen bisa download contoh idiomatic expression beserta maknanya di bbc.co.uk/podcast yang genrenya "the english we speak" 

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Breath, Think, Evil, Angel, Survive, Here !

..

Followers

Contact Form






Back
to top