Konsep Takhalli, Tahalli, dan Tajalli = Scanning, Deleting, Installing?

Masih inget postingan kemarin tentang Kursus Karakter Part I?

Ada beberapa hal yang aku ulas. Termasuk cara meng-hypnotherapy diri sendiri. Lalu apa hubungannya sama postingan kali ini?
Jadi, berapa hari yang lalu, aku presentasi paper (ceilah-_-) akhlaq tasawuf judulnya "Teori serta Tokoh Tasawuf Akhlaqi dan Tasawuf Amali"

Awalnya waktu ngerjain sempat shock karena susah banget mencari materi ini. Dan dengan polosnya kami (karena tugas kelompok) mencari materi ini di setiap buku dengan keyword "tasawuf akhlaqi atau tasawuf amali". Jelas aja engga ada, orang yang dibahas itu langsung ke poin-poin nya, such as takhalli, tarekat, ma'rifat, dsb. Alhasil, kita bisa ngerjainnya baru tiga hari sebelum deadline. Dan cuma revisi sedikit! Alhamdulillah, walaupun harus muter kampus1-kampus2-kampus3- untuk nyari materinya,berakhir dengan presentasi yang lancar :) 

Dari materi yang aku udah cari, ternyata tasawuf memang susah. Tapi engga sesusah itu. Malah jadi menarik, salah satunya konsep tasawuf dari Rabi'ah Al-Adawiyah yang mahabbah kepada Rabb-Nya amat besar. Bahkan beliau komitmen untuk tidak menikah sampai akhir hayatnya, saking cintanya sama Sang Maha Cinta.

Skip.

Ini beberapa informasi tentang Takhalli, Tahalli dan Tajalli dari makalah yang udah kami buat:

1. Takhalli

Firman Allah dalam surat As-Syams ayat 9-10 yang artinya “Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensucikan jiwanya dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya.” Takhalli berarti penarikan diri. Sang hamba yang menginginkan dirinya dekat dengan Allah haruslah menarik diri dari segala sesuatu yang mengalihkan perhatiannya dari Allah. Takhalli merupakan segi filosofis terberat, karena terdiri dari mawas diri, pengekangan segala hawa nafsu dan mengkosongkan hati dari segala-galanya, kecuali dari diri yang dikasihi yaitu Allah SWT. 
Takhalli juga dapat diartikan sebagai mengkosongkan atau membersihkan diri dari sifat-sifat tercela dan dari kotoran penyakit hati yang merusak. Hal ini akan dapat dicapai dengan jalan menjauhkan diri dari kemaksiatan dengan segala bentuk dan berusaha melepaskan dorongan hawa nafsu jahat. 

2. Tahalli

Tahalli berarti mengisi diri dengan sifat-sifat terpuji dan menghiasi hati. Mengisi hati dengan sifat-sifat terpuji disini sama dengan memperbaiki pokok-pokok akhlaq, seperti firman Allah dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 90 yang artinya:
“Bahwa sesungguhnya Allah memerintahkan untuk berlaku adil, berbuat kebajikan, hidup kekeluargaan. Dan melarang kekejian, kemungkaran dan bermusuhan. Bahwa Tuhan mengajarkan kepada kamu sekalian (pokok-pokok akhlaq itu) agar kamu sekaliam menjadi perhatian”
Tahalli juga berarti berhias. Mksutnya adalah membiasakan diri dengan sifat dan sikap serta pebuatan yang baik. Akan tetapi, perhiasan paling sempurna dan paling murni bagi hamba adalah berhias dengan sifat-sifat penghambaan.

3. Tajalli

Firman Allah dalam Qur’an Surah An-Nur ayat 25 yang artinya “Allah itu cahaya langit dan bumi”
Atas landasan ayat itu kaum sufi yakin beroleh pancaran Nur Allah, Tajallinya Allah. Demikian Allah Tajalli dengan af’alnya, asmanya, dan zat yang tidak tersembunyi.. “mutajalli min zatihi la yakhafa”
Rasulullah bersabda: “Bahwasanya Allah itu tajalli bagi manusia umumnya, bagi Abu Bakar khususnya.”
Setelah seseorang melalui dua tahap tersebut maka tahap ketiga yakni tajalli, seseorang hatinya terbebaskan dari tabir (hijab) yaitu sifat-sifat kemanusian atau memperoleh nur yang selama ini tersembunyi (Ghaib) atau fana segala selain Allah ketika nampak (tajalli) wajah-Nya.
Tajalli bermakna pecerahan atau penyingkapan. 
Tajalli adalah tersingkapnya tirai penyekap dari alam gaib, atau proses mendapat penerangan dari nur gaib, sebagai hasil dari suatu meditasi. 

Scanning Deleting Installing

Tiga fase ini adalah saat dimana kita ingin melakukan hypnotherapy sederhana. Singkatnya:
Scanning: Mencari tahu hal yang membuat hati tidak nyaman, luka lama, dsb.
Deleting: Menghapus semua hal-hal yang tidak baik tadi.
Installing: Mengisi hati baru dengan hal-hal yang baik, dan energi positif (Baca selengkapnya tentang ini di posting Kursus Karakter Part I)
Sebelum melakukan tiga fase ini, kita dibawa ke suasana nyaman, dan membangkitkan alam bawah sadar. Kita dibuat semacam meditasi kecil-kecilan. Yang tujuannya, untuk menghapus dan menyembuhkan apa yang sakit dari hati atau diri kita.

Dari yang aku lihat, hypnotherapy ini sedikit-banyak mengambil konsep dari tasawuf akhlaqi tadi (takhalli, tahalli, tajalli), tapi hanya sampai tahalli saja. Karena emang hypno ini bukan turunan dari ajaran tasawuf, dan hanya diperuntukkan sebagai terapi psikis saja. Untuk seseorang mencapai puncak "tajalli" tidak mudah, dan hanya beberapa orang saja yang sampai sana, yang kita sebut dengan para sufi. Konsep Takhalli Tahalli Tajalli erat kaitannya-bahkan memang didasari atas kecintaan dengan Allah. Konsep tersebut merupakan jembatan supaya lebih dekat lagi dengan Pencipta, hingga tidak ada penghalang antara hamba dan Khalik, berupa dosa-dosa sang hamba. Scanning Deleting Installing lebih condong ke mendamaikan hati kita, menghilangkan beban mental yang melekat. 
Ilmu tidak ada yang sia-sia. itu semuanya dari Allah. Makadari cabang yang satu dengan yang lain memiliki keterikatan. Ternyata setelah aku baca lagi, akhlaq tasawuf dan psikologi itu tidak berseberangan, tapi membentuk jembatan. Ilmu tasawuf yang aku tahu selama ini adalah ilmu yang dengan berbagai usaha dilakukan manusiauntuk semakin mencintai Allah, dekat padaNya, dan menomorduakan dunia. Sedangkan ilmu psikologi adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana kondisi jiwa manusia dan perkembangannya. (Aku belum riset mengenai psikologi dan hypnotherapy ini. Soon inshaAllah akan lebih detil penjelasannya)

Next, dikemudian hari semoga ilmuku bertambah dan bermanfaat, agar yang saling terikat itu bisa terkuak dan semakin membuat kita membuka mata atas perintah "iqra" dari Allah SWT. Wallahua'lambisshawab.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Breath, Think, Evil, Angel, Survive, Here !

..

Followers

Contact Form






Back
to top