Kursus Karakter (KK1) Alumni - PART 1







"Kursus karakter apaan sih?"
"Ngapain aja kursus karakter?"
"Emang yang jadi bahan kursus apaan?"
"Baru denger tuh kursus karakter"
"Karakter dikursusin? Gimana caranya?"
 Well, banyak banget temen yang penasaran saat aku cerita 'mau berangkat ke acaranya kursus karakter' atau 'kemaren baru dari kursus karakter'. Karna emang ini kursus langka banget dan bener-bener menarik.

Jadi kemaren tanggal 10-12 Januari aku ikut acara namanya 'Kursus Karakter'. Sesuai namanya, event ini masih peranakan dari lembaga Biro Tazkia (semacam bimbingan konseling kalau di SMA) IAIN Salatiga, TAPI dikoordinir langsung sama Bapak Rektor dan Warek. At first, aku juga engga terlalu ngeh apa itu kursus karakter, apa isinya, apa kontennya, apa yang dikursusin. Tapi di awal pertama lihat poster iklan di instagram "LAUNCHING KURSUS KARAKTER" langsung aja tertarik. Tertarik karna warna posternya iya, karna 'trainer' nya juga iya. Konon emang para trainer itu adalah yang paling kece se IAIN Salatiga. Mereka punya keahlian di bidang masing-masing dan punya attitude yang berkelas (I mean ya baik banget, lembut, penyayang, berprestasi, dsb). Kalau diungkapin pakai kata-kata emang engga ada habisnya saking kerennya para trainer ini. At least menurutku mereka adalah:
"Beliau-beliau yang sudah sukses dibidangnya dan siap serta sukarela membagi semua ilmunya ke anak-anak kursus karakter"
Daleeeem banget kan :')

Gimana engga, nih di rinci satu-satu ya:
1. Bapak Sulthoni
    -Direktur Biro Konsultasi dan Psikologi TAZKIA (biro tazkia)
    -Penceramah
    -Pakar Hypnotherapy
2. Bapak Rifqi
    -Dosen Hitzz
    -Pembawa Acara SAKSI (Satu Kamera Sejuta Inspirasi) TVRI
    -Penyiar
3. Bapak Hammam
    -Alumni Jawaharlal Nehru University
    -Pencetus nama-nama hebatnya anak-anak kursus karakter
4. Ibu Muna
    -Dosen terkalem dan tercantik
    -Ibu yang paling bisa mengayomi kami (Psikolog)
5. Ibu Lia
   -MC terkece
   -Seniman (Musik)
6.Bapak Rahmat Hariyadi
   -Rektor IAIN Salatiga
   -Sosok motivator dan penceramah inspiratif

Tuh kan, trainer nya aja dahsyat semua. Beliau semua punya berderet prestasi dan karakter mulia yang siap dibagikan ilmunya ke kami.

Di awal seperti yang udah aku kasih tau tadi, ada "launching" yang bentuknya semacam seminar. Seminar itu bertajuk "Tersesat ke Jalan yang Benar". Wew, ternyata seminar ini tentang biografi dan cerita hidup Bapak Rektor dari 0 sampai menjadi Rektor sekarang ini. Dan di akhir para trainer menjelaskan apa sih itu kursus karakter, dan bagaimana cara gabung acara kursus karakter.

Mengingat hanya diperuntukkan bagi 30 mahasiswa aja, tentunya ada seleksi bagi yang ingin gabung acara ini. Dan, seleksinya adalah dengan video, berisi perkenalan siapa dirimu, mengapa kamu ingin mengikuti kursus karakter, pokoknya bikin se-meyakinkan mungkin. Bagi aku dan temenku, bikin video semacam ini adalah "susah". Karna basicnya kami ini ga PD kalau harus bicara di depan kamera. Kita pun sampe take 20 kali karna ketawa terus/fail. Tapi diakhir acara kursus ini, aku dan temenku tau bahwa banyak mahasiswa yang ingin gabung, hanya males aja kalau harus bikin video. Klise sih -_-

Skip ke hari H acara, intinya aku dan temenku udah lulus seleksi gabung kursus karakter. Kami pun datang pagi-pagi dengan semangat yang membara (ceilah). Sebagai Master of Ceremony nya hari itu ada dua orang yaitu Ibu Lia dan Mas Sukrisno. Mas Sukrisno mengawali pagi itu dengan mengevaluasi kami sebenernya. Kami banyak melakukan kesalahan sewaktu mengirim form aplikasi dan video. Jadi kesalahan kita itu begini, mau apapun konteksnya, kalau kita mengajukan/apply requirements, harus tahu sopan santun dan step-step nya. Mas Nino (panggilannya Mas Sukrisno) menganalogikan kita lagi apply beasiswa: syaratnya yaitu mengirimkan video, dan isian form aplikasi. Yang harus kita lakukan sebelum mengirim all the requirements adalah:
   1. Pastikan judul form aplikasi sudah kamu ganti dengan namamu. Misalkan kamu mengisi "form aplikasi kursus karakter", diganti dengan "Yuni Lestari (nama kamu)_Jakarta(asal daerah)_form aplikasi kursus karakter"
   2. Sebelum mengirim video atau form aplikasi ke email tujuan, pastikan kamu menghubungi pihak yang akan kamu kirimi. Misalkan begini: "Assalamualaikum, nama saya Yuni Lestari, dari IAIN Salatiga, ingin mengirimkan video dan form aplikasi kursus karakter"
   3. Setelah mendapat persetujuan untuk mengirim, barulah kamu kirimkan semua persyaratannya. Kalau sudah, jangan lupa hubungi lagi untuk mengkonfirmasi bahwa sudah dikirim dan ucapkan terimakasih

Hal sepele seperti di atas ternyata sangat penting loh. Karena kata Mas Nino berdasarkan pengalamannya sering apply beasiswa, itu sangat mempengaruhi. Pihak penyeleksi data akan mengurutkan pengirim dari yang paling informasinya paling rinci terlebih dahulu, dan peluang diterima juga akan lebih besar.

See? Aku pun kaget saat acara belum dimulai, tapi sudah dapet ilmu berupa tips apply sesuatu. Entah itu nanti untuk melamar kerja, beasiswa atau yang lainnya. Dan disinilah, aku mulai merasa bahwa akan banyak manfaat dan hal positif dihari-hari berikutnya.

Skip-skip.
Kursus karakter ini punya semacam yel-yel atau jargon gitu, yang bunyinya gini: "Kursus karakter= berkarakter, sukses, yes!" Kekanakan? KeSDan? Nggak ah. Kalo buat aku jargon ini keren dan berisi doa yang kita sama-sama panjatkan, dan semoga Dia kabulkan. Bu Lia ngajarin kami tentang yel-yel ini. Jujur aja, aku takjub dengan sosok Ibu Lia. Beliau keibuan, tapi juga kekinian. Santun iya, gaul juga. Nyanyi bisa, main piano apalagi. Pokonya paket lengkap. Ngga pernah habis jokes dan bahan bahasan nya Ibu Lia. Intinya Beliau selalu bisa mencairkan suasana. Satu hari aku dan temen-temen lain tau kalau Ibu Lia bener-bener ngga pernah surut semangatnya, dan selalu husnudzan sama Allah. Cling! Udah dapet dua pelajaran, padahal baru dari MC, belum trainernya, hehe.

Trainer pertama. Bapak Ahmad Sulthoni. Beliau adalah Direktur (semacam ketua?)-nya Biro Tazkia. Dan ahli banget dibidang Hypnotherapy. Ahli juga dibidang Psikologi. Juga penceramah ahli. Nahloh? Pokonya semua ahli ada di Pak Sulthoni deh. Humoris juga, bisa bikin semua mahasiswa meleleh. NAHLOH?

Pak Sulthoni memberi kita pengetahuan akan apa itu inner beauty dan bagaimana cara memunculkannya. Poin-poin tentang ini aku agak lupa. Yang aku inget adalah bagaimana cara meng-hypno(namanya lupa juga-_-, pokonya itu kalo engga salah) diri sendiri. Jadi bisa dilakuin tanpa bantuan orang lain, dimana aja. Hypno ini fungsinya untuk menghilangkan sakit hati, amarah, luka lama, bayangan mantan, dan lain-lain. For sure, Bapak Sulthoni emang memberi contoh tentang caranya menghilangkan mantan yang masih gentayangan. Hipotesa ku adalah (halah) mungkin karna masalah "mantan" ini dirasain sama hampir seluruh populasi mahasiswa, jadi "mantan" bisa jadi contoh yang paling enak buat dipake.

Inti dari Hypno ini adalah SCANNING-DELETING-INSTALLING.
SCAN: Cari sedalam-dalam hatimu, apasih yang bikin kamu sakit hati, atau apa sih yang bikin kamu punya sifat jelek ini, atau juga apasih yang bikin hati kamu masih mengganjal gara-gara masa lalu? Cari sampe sedalam-dalamnya, dari akarnya, yang bikin kamu ingin menghilangkan hal itu dari hati kamu.
DELETING: Setelah ketemu akar permasalahannya (bisa dari masa kecil yang ngga terduga juga loh), cobalah untuk berdamai dengan hatimu. Ikhlaskan. Jika yang membuatmu sakit hati adalah orang lain (mantan juga), maafkanlah. WHY? Memaafkan emang susah. Tapi aku inget banget dengan kata-kata Bapak Sulthoni:
"Memaafkan bukan membenarkan apa yang telah orang lain lakukan kepada kita, tetapi melepaskan dan mengikhlaskan"
Nah kan, hati kalau sudah ikhlas dan melepaskan, pasti dijamin plong. Aku sendiri juga sudah mempraktekkan DELETING ini. Alhamdulillah berhasil, karna kita ikhlas :)
INSTALLING: Menyembuhkan hati dari semua luka-lukanya. Menambah sifat baik yang baru, mengosongkan hati, membersihkannya :)

Oh iya, Bapak Sulthoni juga berbagi caranya DELETING hal-hal buruk di hati kita (mantan termasuk :v). Dan yang jadi contohnya cara ngelupain mantan aja deh ya. Yang gampang!
Caranya kurang lebih seperti ini:
1. Tarik nafas dalam-dalam, buang perlahan. Lakukan beberapa kali sambil memejamkan mata.
2. Bayangkan wajah mantan anda, Lalu berkata pada diri sendiri (dengan suara keras juga tidak apa-apa) "Wajahnya perlahan semakin dekat semakin dekat semakin dekat"
3. "Lalu wajahnya semakin besar membesar, membesar, semakin besar lagi, dan sangaaaat besar, sangat besaaaaaaaaar lagi"
4. "Perlahan ia menyusut, menjauh, mengecil lagi, sambil menjauh, mengecil lagi, semakin kecil, semakin kecil, pergi, sangaaattt keciiill"
5. (Bentak atau berteriak dengan tiba-tiba) "DAN HILANG!!"
6. Terakhir, "apa yang pernah membuat saya seperti ini (sakit hati, susah moveon, mempunyai sifat jelek, kekecewaan, dll), saya akan hilangkan, dan melepaskan, perlahan, hilang"
7. "Tangan dari langit akan datang menyembuhkan luka, dan luka tertutup perlahan..... sembuh......"
(NB: tanda ("") adalah perkataan pada diri sendiri yang diucapkan sambil membayangkan apa yang diucapkan tersebut)
     Cara ini juga bisa dilakukan dengan teman (bagi yang kesulitan mencoba sendiri), dan temannya nanti yang mengucapkan ilustrasi tersebut. Sedangkan yang ingin di-hypno/DELETING, hanya memejamkan mata dan membayangkan saja.
     Sejauh ini, aku belum pernah mencoba sendiri. Tapi saat di acara kursus karakter, Pak Sulthoni mempraktekkan hypno tersebut. Dan pastinya, manjur kok. Teman-teman lain bahkan ada yang sampai menangis. Kalau aku? Ngga manjur. Karna saya ngga punya mantan hehe:v

Pengalaman dari trainer-trainer lain akan aku post di PART 2 ya. See u soon!

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Breath, Think, Evil, Angel, Survive, Here !

..

Followers

Contact Form






Back
to top